Kamis, 03 Juni 2010

Rambut berkutu

kutu rambut, hewan kecil yang suka menjalar di helaian rambut itu ternyata termasuk golonga parasit. Kutu rambut berkembang biak dengan cara bertelur. Kutu rambut menempatkan telurnya di kulit kepala penderita.
Wah rambut berkutu? tidak usah malu, kutu dapat menyerang siapa saja yang tidak beruntung, bukan karena anda kotor atau malas mandi. Stigma yang kadang2 memang membuat orang berkutu menjadi malu.
rambut orang yang malas mandi, malas keramas sebagai tempat berkembang biaknya kutu rambut ternyata kurang tepat. Kutu rambut sangat menyukai rambut dan kulit kepala yang bersih.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.
1. Memberikan obat penghilang kutu rambut.
2. Menyisirnya dengan menggunakan sisir khusus, serit.

Bagaimana bentuk kutu rambut sendiri?

Kutu bentuknya sangat kecil, merupakan serangga berwarna coklet terang. Hidupnya di kepala manusia. Kutu-kutu tersebut akan bertelur berwarna abu-abu, selanjutnya kutu tersebut membuat terowongan/lubang di kulit kepala. Telur-telur tersebut dapat menetas setelah 1 minggu. Kutu mulai meletakkan telur-telurnya setelah mereka berusia 2 minggu. Sehingga dalam waktu yang singkat saja seseorang telah memiliki ratusan kutu di kepalanya.

Kutu rambut tesebut tidak suka terbang dan tidak dapat melompat. Mereka pindah dari kepala satu ke kepala yang lain saat dua kepala tersebut berdekatan, misalnya saat berjalan bersama-sama dengan pembawa kutu rambut. Kutu rambut tersebut membutuhkan kondisi yang hangat untuk bertahan hidup. Sehingga tidak heran negara tropis menjadi surga para kutu!

Solusinya:

* Cuci rambut dan beri kondisioner agar lembap
* Biarkan agak mengering, kemudian sisir menggunakan sisir bergigi rapat
untuk melepaskan telur kutu dari helaian rambut
* Bilas rambut sekali lagi dan keringkan
* Lakukan langkah ini selama 4 hari berturut-turut, hingga seluruh telur kutu
hilang dari rambut
* Kalau masih belum berhasil juga, bisa memakai obat khusus
kutu rambut seperti Peditox.

sumber ; tetanga aku sendiri kutu rambut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar