Rabu, 16 Februari 2011

Mengkritisi Karikatur Berdasarkan Penalaran

Di posting oleh FAUZIAH
Tugas Bahasa Indonesia2# 1


Dari karikatur di atas kita bisa melihat bahwa bencana banjir yang melanda ibu kota jakarta akibat ulah manusia itu sendiri ,banyak Berbagai macam faktor penyebab banjir seperti membuang sampah sembarangan (tidak pada tempatnya), mendirikan bangunan di bantaran sungai, merusak ekosistem lingkungan hidup, saluran air yang kurang memadai, banjir kiriman, tidak adanya tempat menampung air hujan (seperti pohon-pohon besar, bendungan, sungai yang muali dangkal), dan lain-lain.

Berbagai macam penyebab banjir bertumpuknya sampah pada saluran air, tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun, tata ruang lingkungan yang kurang baik, curah hujan tinggi, permukaan tanah lebih rendah dibandingkan muka air laut, terletak pada suatu cekungan yang dikelilingi perbukitan dengan pengaliran air keluar sempit, banyak pemukiman yang dibangun pada dataran sepanjang sungai, aliran sungai tidak lancar akibat banyaknya sampah serta bangunan di pinggir sungai, kurangnya tutupan lahan di daerah hulu sungai.

Solusi :
  • masyarakat Jakarta dapat menghargai lingkungan tempat dia berada, di setiap warga Bersama pengurus RT/RW terdekat bersihkan lingkungan sekitar Anda, terutama pada saluran air atau selokan dari timbunan sampah
  • Tidak membuang sampah sembarangan (tidak pada tempatnya), tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai, adanya tempat menampung air hujan (tidak menebang pohon-pohon besar, bendungan, sungai yang muali dangkal)
  • maka manfaatnya Jakarta tidak akan mengalami banjir. Menanamkan kesadaran diri di masyarakat Jakarta agar mencintai lingkungan sehat dan bersih. kesadaran masyarakat Jakarta dapat menerapkan upaya penangulangan banjir. Supaya adanya perubahan mengenai banjir di Jakarta, yang menghambat aktifitas kota Jakarta itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar