Selasa, 01 Maret 2011

Sinar Matahari Berbahaya pada tubuh kita


Di posting oleh FAUZIAH
tulisan Bahasa Indonesia2# 5



Keberadaan matahari sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup yang tinggal di bumi ini. Di angkasa yang dingin, suhu bumi menjadi hangat dengan sebab adanya matahari sehingga bisa ditinggali oleh manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya. Sinar matahari digunakan oleh tumbuhan untuk metabolisme makanan sehingga dapat tumbuh besar.
Matahari memiliki banyak manfaat yang juga telah dirasakan oleh manusia baik disadari ataupun tidak. Manfaat sinar matahari bagi tubuh manusia yang terkena langsung sebelum jam 9 pagi (sinar infra merah) yaitu mengubah pro vitamin D dalam hal ini adalah kolesterol yang ada di dalam tubuh menjadi vitamin D yang berfungsi untuk pertumbuhan tulang sehingga manusia bertambah besar, tinggi, dan kuat. Sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat sinar matahari yang lain adalah mengubah glukosa menjadi glikogen yang akan disimpan sehingga mengurangi kadar gula dalam darah. Sinar matahari juga dapat membunuh berbagai mikro organisme dengan sinar ultra violetnya. Selain itu juga merangsang pembentukan sel darah putih untuk kekebalan tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat sinar matahari yang tidak dapat disebutkan.

Berapa Suhu Matahari?

Menurut perhitungan para ahli, temperatur di permukaan matahari sekitar 6000 derajat Celsius namun ada juga yang menyebutkan suhu permukaan sebesar 5500 derajat Celsius. Jenis batuan atau logam apapun yang ada di Bumi ini akan lebur pada suhu setinggi itu. Temperatur tertinggi terletak di bagian tengahnya yang diperkirakan tidak kurang dari 25 juta derajat Celsius namun disebutkan juga kalau suhu pada intinya 15 juta derajat Celsius. Ada pula yang menyebutkan temperatur di inti matahari kira kira sekitar 13.889.000°C. Menurut JR Meyer, panas matahari berasal dari batu meteor yang berjatuhan dengan kecepatan tinggi pada permukaan matahari. Sedangkan menurut teori kontraksi H Helmholz, panas itu berasal dari menyusutnya bola gas. Ahli lain, Dr Bothe menyatakan bahwa panas tersebut berasal dari reaksi-reaksi termonuklir yang juga disebut reaksi hidrogen helium sintetis.




Bahaya sinar matahari pada tubuh manusia
terutama kulit jika terpapar langsung dengan sinar matahari di atas jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Bahaya sinar matahari pada kulit ini karena sinar gelombang pendek dari matahari yaitu sinar ultraviolet, sinar X, sinar gamma, dan sinar cosmos akan menembus kulit dan membakarnya sehingga kulit menjadi merah kehitaman.

Bahaya Sinar Matahari Pada Mata
Selain membahayakan kesehatan pada kulit, sinar matahari juga bisa membahayakan kesehatan mata, jika terjadi kontak langsung antara mata dan sinar matahari langsung bisa menjadi sangat berbahaya bahkan bisa sampai pada kebutaan apabila anda tidak menggunakan kacamata anti UV yang sudah memenuhi standar (sebagai catatan, kacamata/sunglasses yang memenuhi standar minimal anti UV apabila pada kacamata tersebut tertulis UV400)

Melindungi kulit dari matahari
  • Periksa seluruh kulit Anda apakah ada kelainan atau tidak sedikitnya setiap tiga bulan.
  • Sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya (UV protection) berspektrum luas dengan tingkat SPF 15 atau lebih tinggi. Gunakan juga tabir surya yang mampu melindungi dari radiasi UVA dan UVB (lihat artikel Tabir Surya untuk penjelasan lebih lanjut). Oleskan tabir surya ke permukaan kulit sekitar 20 menit sebelum Anda terkena sinar matahari, lalu oleskan kembali setelah 20 menit terkena sinar matahari langsung.
  • Oleskan lagi tabir surya setiap dua jam sekali sewaktu berada di luar ruangan, khususnya jika sedang berenang atau berkeringat. Tabir surya mudah terhapus karena keringat dan juga handuk.
  • Kenakan pakaian yang melindungi kulit seperti topi dengan bibir topi yang lebar, kaca mata hitam dengan lensa pelindung anti UV, celana panjang, pakaian lengan panjang, ataupun jaket.
  • Sebaiknya kenakan pakaian yang rajutannya rapat dengan warna yang gelap karena memberi lebih banyak perlindungan.
  • Mulailah melindungi kulit sejak dini dengan mengajarkan anak-anak Anda tentang bahaya sinar matahari pada siang hari.
  • Hindari permukaan yang memantulkan sinar matahari, seperti air, pasir, lantai yang kilap. Beri perhatian ekstra untuk kulit Anda jika berada di daerah tersebut.
  • Sebisa mungkin Anda berlindung atau beraktivitas di tempat yang tidak terkena sinar matahari yang terik.
Sumber :
http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://pinginpintar.com/wp-content/themes
http://indorush./2010/05/bahaya-sinar-matahari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar