Minggu, 14 Maret 2010

Model-model sistem interaksi

Tugas 3 Softskill : Interaksi Manusia dan Komputer
BY : FAUZIAH

Sebutkan model-model sistem interaksi yang kamu ketahui?
JAWAB

Pengetahuan dan keterampilan, perubahan sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dengan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya. Menurut Bruner dalam Arsyad (2005) ada tiga tingkatan utama modus belajar, yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman piktorial/gambar (iconic), dan pengalaman abstrak (symbolic). Salah satu gambaran yang paling banyak dijadikan acuan sebagai landasan teori penggunaan media dalam proses belajar mengajar adalah Dale’s Cone of Experience (Kerucut Pengalaman Dale) (Dale, 1969). Pengaruh media dalam pembelajaran dapat dilihat dari jenjang pengalaman belajar yang akan diterima oleh siswa. Hasil belajar seseorang diperoleh mulai dari pengalaman langsung (konkret), kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan, sampai pada lambang verbal (abstrak).

Model interaksif pembelajaran untuk menciptakan kreativitas sesuai katogori rumusan yang ada pada model – model



1 Model analog ( model diagramatik )
Model analog merupakan model yang dapat mewakili situasi dinamik, yaitu keadaan berubah menurut waktu. Model ini lebih sering dipakai daripada model ikonik karena kemampuannya untuk mengetengahkan karakteristik dari kejadian yang dikaji. Model analog banyak bersesuaian dengan penjabaran hubungan kuantitatif antara sifat dan kelas-kelas yang berbeda. Dengan melalui transformasi sifat menjadi analognya, maka kemampuan membuat perubahan dapat ditingkatkan. Contoh model analog ini adalah kurva permintaan, kurva distribusi frekuensi pada statistik, dan diagram alir.

2. 1. Model simbolik ( model matematik )
Pada dasarnya pengetahuan system interaksi memusatkan perhatian pada model simbolik sebagai perwakilan dari realitas yang sedang dikaji. Model simbolik dapat disajikan dalam bentuk symbol, angka, dan rumus. Secara umum model simbolik yang sering dipakai adalah jenis persamaan. Symbol persamaan tidak hanya mudah dimanipulasi seperti kata-kata, tapi juga lebih bisa ditangkap dan diresapi, maksudnya adalah Suatu persamaan adalah bahasa universal pada penelitian operasional dan ilmu system interaksi, dimana dipakai suatu logika simbolis.Model simbolis dapat diklisifikasikan menjadi 2 bagian yaitu : Model static Model dinamik

3.Model ikonik
Model ikonik adalah model sistem interaksi yang mewakili fisik dari beberapa hal baik dalam bentuk ideal ataupun dalam skala yang berbeda. Model ikonik mempunyai karakteristik yang sama dengan hal yang diwakili, dan terutama amat sesuai untuk menerangkan kejadian pada
waktu yang spesifik. Model ikonik dapat berdimensi dua (foto, peta, cetak biru) atau tiga dimensi (prototip mesin, alat). Apabila model berdimensi lebih dari tiga dimensi maka tidak mungkin lagi dikonstruksi secara fisik sehingga diperlukan kategori model simbolik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar