Minggu, 21 Maret 2010

teknologi cangih dengan camera digital

Tulisan “Interaksi Manusia dan Komputer”
Oleh : FAUZIAH

teknologi cangih dengan camera digital



Saat menggunakan kamera digital biasanya kita merasakan kemudahan yang luar biasa untuk mendapatkan gambar yang kita inginkan. Untuk memperoleh sebuah foto, kita tinggal menekan tombol rananya….crek……., gambar sudah jadi. Tidak ada lagi berbagai kerepotan untuk mengatur berbagai kendali kamera, mulai rana, diafragma, fokus dan sebagainya, agar kita bisa mendapatkan sebuah rekaman gambar foto yang memuaskan.
Karena pembuatan foto-foto terasa mudah, maka banyak orang mulai menganggap bahwa fotografi itu gampang, bahkan mudah sekali seseorang menjadi manusia yang kreatif dengan fotografi.
memberi peluang penggunaan fotografi lebih intensif untuk berbagai keperluan, mulai dengan kebutuhan dokumentasi, keluarga, kantor, tugas liputan, atau foto untuk keperluan komersiil. Tetapi manfaat kamera digital tidak sampai di situ saja. Kita bisa menggunakannya untuk dokumentasi riset dan pendidikan, pustaka foto, presentasi pribadi, bisnis, maupun pengetahuan dan sebagainya.


Ada beberapa keunggulan sistem fotografi digital :
1. Foto dengan biaya rendah (subyek tidak terbatas)

2. Gambar langsung jadi (koreksi atau penyempurnaan lebih cepat, lebih memuaskan, lebih menyenangkan)

3. Tidak terikat komposisi (kita hanya berkonsentrasi pada subyek atau bagian pandangan yang diinginkan)

4. Orientasi pada gagasan (masalah teknis sudah banyak dilaksanakan oleh perangkat kerja, sehingga banyak berkonsentrasi pada ide dasar, gagasan dan konsep artistik memiliki peran penting dalam proses kerja kreatif)

5. Fungsi fotografi tidak terbatas (tidak terbatas pada dokumentasi saja, juga untuk ekspresi seni, presentasi bisnis dan pengetahuan, pendidikan & hiburan, serta dokumentasi arsip & koleksi pribadi)


Membeli kamera digital, baterai, kartu memori, pembaca kartu (card reader), penyimpan data genggam (mobile data storage) dan berbagai perlengkapan lainnya merupakan modal keseluruhan dari sistem digital yang kita gunakan untuk bekerja. Kita tidak dibebani biaya untuk proses perekaman gambar-gambar foto.
Kita bisa merekam foto sebanyak-banyaknya tanpa terganggu oleh jumlah material maupun prosedur proses selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar