Rabu, 17 Februari 2010

Makanan yang baik dan sehat untuk kita kosumsi

sostskill:interaksi manusia dan komputer
bye: fauziah

Banyak makanan yang tidak layak di kosumsi yang di jual para pedagang. Dengan mengunakan bahan pengawet formalin,sepuhan pakaian di pakai untuk perwarna makanan,gula buatan.makanan kadaluarsa yang tetap masi beredar di jual di pasaran.
Banyak para konsumen yang tidak sadar bahwa makanan yang mereka kosumsi pembuatan makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Akan menimbulkan penyakit seperti amandal,kanker,batuk - batuk.bahkan ada juga yang menigal dunia akibat keracunan makanan .
Banyak penyakit penyebab utamanya dari makanan yang kita kosumsi.bahkan manusia tidak sadar makanan yang mereka kosumsi tidak baik untuk kesehatan. Para pedagang menjual makanan dengan tidak baik untuk mengolah makanan yang mereka jual akibat faktor ekonomi utamanya dengan bahan makanan mahal seperti gula.minyak goreng.pewarna makanan dll.maka para pedagang memakai bahan yang mereka olah dengan gula buatan,minyak jelantah,pewarna baju.seperti makanan yang mengunakan pewarna warni es sirup yang sering pejual di pasaran,baso,gulali dll.
Factor utama untuk menjaga hidup sehat adalah untuk mekosumsi makanan sehat seperti makanan serat makanan empat sehat lima sempurna.berolahraga tidur yang cukup.hidup sehat baik untuk kesehatan menjaga pola makan yang akan kita kosumsi.
Makanan yang tidak sehat kita kosumsi juga akan berpengaruh untuk kesehatan kita seperti banyak memakan makanan berminyak lemak – lemak yang kita makan kedalam perut kita akan menimbun lemak yang berlebihan tidak baik untuk tubuh seperi kegemukan .kelestrol gula darah naik menimbun di perut.banyak para pemuda mudi kita yang masih muda usianya mempunyai penyakit kolestrol akibat sering mengunakan makanan yang berlemak dan manis – manis . Para diknas kesehatan terjun langsung ke pasaran mencoba makanan yang di jual di pasaran untuk dicoba ke laboratorium ITB.yang akan di uji gizi yang ada di kandungan makan tersebut apakah baik untuk di kosumsi apakah tidak baik untuk di kosumsi .dan meneliti bahan kadungan apa yang di pakai untuk makanan tersebut. Apakah baik untuk kesehatan.apabila tidak baik digunakan bagaimana dapak yang terjadi apabila para kosumen sering mengkosumsi makanan tersebut.
Makanan yang sehat untuk dikosumsi adalah ;
Air
Air merupakan kebutuhan nutririsi yang sangat penting, mengingat kebutuhan air sangat baik untuk tubuh
Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber tenaga bagi anak.
Apabila anak tidak mendapat asupan karbohidrat yang memadai untuk menghasilkan energi, tubuh akan memecah protein dan lemak sebagai cadangan dalam tubuh.
Protein
Protein berguna pertumbuhan dan perbaikan sel jaringan dan sebagai larutan untuk keseimbangan osmotik.
Protein terdiri dari asam amino esensial dan non esensial.
Apabila jumlah protein berlebihan dalam tubuh maka akan memperburuk insufisensi ginjal.
Apabila kurang jumlahnya dlm tubuh maka akan menyebabkan kelemahan, odem dapat kwashiokor
Komponen protein dapat diperoleh dari susu, telur, daging, ikan, unggas, keju, kedele, kacang, buncis, dan padi-padian.
Lemak
Lemak merupakan zat gizi yang berperan dalam pengangkutan vit A,D,E,K yang larut dalam lemak.
Lemak berfungsi sebagai energi, pelindung organ tubuh.
Sumber lemak dapat diperoleh dari susu, mentega, kuning telur, daging, ikan, keju, kacang-kacangan, dan minyak sayur.
Vitamin dan mineral
Vitamin adalah senyawa organik yang digunakan untuk mengkatalisator metabolisme sel yang dapat berguna untuk tumbuh kembang serta mempertahankan organisme.
Vitamin terbagi dalam 2 bagian : vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah vit B dan C yang tidak disimpan dalam tubuh, tapi harus dikomsumsi melalui makanan tertentu. Vit B1 (tiamin) diperlukan tubuh untuk metabolisme karbohidrat dalam pembentukan energi
Kekurangan vit B1 menyebabkan tubuh cepat merasa lelah, kurang nafsu makan, kerusakan pbl darah dan sel saraf.
Vit B2 (riboflavin) untuk metabolisme karbohidrat,asam amino dan asam lemak.
Kekurangan Vit B2 menyebabakan tubuh merasa lelah sehingga kurang aktif dalam bekerja serta dapat mengurangi ketajaman penglihatan.
Vit B12 dapat menyebabkan anemia
Vit C : meningkatkan daya tahan tubuh, dan penyerapan zat besi dalam usus.
Vit yang larut dalam lemak : A, D, E, K.
Vit A : penglihatan, reproduksi, dan pemeliharaan sel epitel.
Vit D : penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor, pembentukan tulang dan gigi.
Vit E : antioksidan
Vit K : pembekuan darah
Mineral
Umumnya kita makan 3x sehari, kurangi makanan yang berlemak. terkadang masih ditambah makan makanan ringan/snacks. Buang air besar (BAB) 1 x sehari, bahkan banyak orang BAB 2 hari atau 3 hari sekali, sehingga banyak sisa makanan yang tersisa dalam usus, menumpuk hari ke hari, bulan ke bulan bahkan puluhan tahun tidak terbuang. Sisa makanan tersebut mengeras dan menempel pada dinding usus yang telah berubah menjadi toksin/racun. Keadaan ini akan menjadi pemicu seseorang menderita kolesterol, rematik, wasir, gondok, asam urat, sakit jantung, lumpuh/stroke, alergi, berjerawat, lupus, kanker, tumor dll.
Racun tsb dari hari ke hari menebal di usus kita yang membuat perut menjadi buncit/besar dan kotoran yang dikeluarkan semakin hari semakin kecil diameternya, karena toksin sudah menempel dan mengeras pada dinding usus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar