Minggu, 03 Oktober 2010

Kiat –kiat mewujudkan kekhusyukan dalam shalat

Tulisan 3 Bahasa indonesia

Ada berberapa hal yang dapat mebuahkan kehusyuan ketika shalat,di anataranya adalah:

1>.mempersiapkan diri untuk shalat dengan baik. Bisa disiapkan berberapa langkah,seperti menyempurnakan wudhu,menjawab adzan,memakai pakaian yang bersih dan indah,mengunakan siwak(bergosok gigi ).dalam sebuah hadist,”Bersikanlah mulut kalian untuk membaca Al-Quran”.

2>.menutup aurat dengan sempurna.menutup aurat adalah syarat sahnya solat.dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Siti Aisyah r.a Rasullah SaW.bersabda Allah tidak akan menerima solat sesorang wanita yang haid kecuali memakai kerudung. Aurat wanita dalam solat adalah seluruh tubuh,kecuali telapak tagan dan wajahnya. Ummu salmah r.a pernah ditanya tentang pakaian yang harus dipakai dalam solat beliau menjawab,”Hendaklah ia melaksanakan solat dengan memakai baju kurung dan kerudung yang panjang yang bisa menutupi badannya hinga kedua kakinya.

3>. Bersikap tenang sewaktu melaksanakan shalat.

4>.mengigat kematian sewaktu melaksanakan soalat.Rasulullah Saw.bersabda,”ingatlah kematian dalam shalatmu,karena apabial seseorang mengigat kematian sewaktu melaksanakan solat,maka ia akan berusaha untuk memperbaiki sholatnya,”

5>.menjauhkan dalam sesuatu yang dapat menghilangkan konsentrasi sewaktu soalt,baik yang di dalam kiblat,temapt sujud,atau pakaian.

6>.memilih tempat yang bercuaca yang seimbang tentu hal itu dapat membantu seseorang menemukan kekhusyukan dalam solat melaksanakan dengan sempurna.dalam sebiah hadist Rasullah SaW.melarang untuk melaksanakan solat di tempat yang panas.solat pada saat matahari sedang memancarkan terik panasnya dapat menghilangkan kekhusyukan seseorang sewaktu melaksanakan solat.membuatnya kesal dan terpaksanya menjalankan ibadah.

7>.memilih tempat yang jauh dari kebisingan dan keributan. Apabila seseorang melaksasnakan solat,tetapi disekelilingnya banyak orang yang sedang mengobrol,mungkin ia tidak akan khusyuk,karena hati dan akalnya tidak akan berkosentrasi.

8>.Membaca dengan tartil dan merenugkan kandungan maknanya.seseorang tidak akan dapat merenungi makna suatu bacaan.kecuali jika ia memahami makna yang dibacanya.apabila seseorang dapat memahami,merenungkan,dan memikirkan makna ayat-ayat yang ia baca ,niscaya ia akan mencucurkan air matanya,dan ayat itu member pengaruh besar pada dirinya .

9>.solat di dekat sutrah. Imam Nawawi pernah berkata,”Hikmah dari sutrah adalah untuk menghalangi pandangan dari sesuatu yang ada di belakang dan sekelilingnya.dan agar setan tidak dapat ,menggangu dan merusak solatnya.

10>.melihat ketempat sujud Siti Aisyah r.a meriwayatkan sesuguhnya Rosullah SaW.apabila sedang solat beliau menundukkan pandanganya dan memandang ke tanah (tempat sujud)

Sumber :K.H.Dr.Miftah faridl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar