Minggu, 03 Oktober 2010

Tips mendidik anak menjadi cerdas

Tulisan 6 Bahasa indonesia


Untuk menciptakan anak menjadi cerdas,setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan betul:
1> Makanan yang tepat
2> Likungan yang sesuai
3> Pengalaman emosional
4> Stimulasi rasional yang tepat
5> Aktivitas fisik yang sesuai

Semua penelitian soal hubungan otak dan factor- factor kuat menemukan fakta bahwa hubungan sael-sel saraf dapat berubah,menjadi kuat dan lemah,akibat intervensi itu
besesuaian dengan masa kritis dari perkembangan otak.jika stimulasi diberikan pada
masa ini,otak berkembang secara optimal.anda tidak butu dana,waktu dan energy ,
disini bagaimana cara menstimulasi otak anak anda,bermain merupakan cara terbaik memberikan stimulasi pada otak anak.

Makan.ini amunisi otak yang sangat penting anak-anak yang berkurang gizi umumnya yang memiliki otak yamg kurang berkembang,komsumsi ikan yang cukup,ASI,Vitamin,dan mineral merupakan amunisasi yang tepat bagi otak,
Gizi adalah bahan baku proses-proses seluler,terutama untuk pembangunan struktur otak.
Lingkungan .makin bervariasi lingkungan hidup anak anda.makin baik perkembangan otaknya,warna bentuk organya berbeda,anda juga perlu mengajaknya ke tempat-tempat yang penuh hal-hal yang baru,sepeti,pantai,gunung,dll.semakin bervariasi lingkungan.semakin cepat koneksi sel saraf terjadi.
Pengalaman emiosional. Semua emiosional pada rentang usia 0-7 tahun ini akan sangat berpengaruh dalam membentuk jalinan antara sel saraf .pada usia ini,control diri,kesabaran,kerjasama,empati dll. Mudah dilatih dan tertanam kuat dalam otak disbanding berhitung,membaca,tau kegiatan-kegiatan kalkulatif lainnya.jagan lupa ,kematangan emosional kalkulatif lainnya,jagan lupa kematangan emisional ini lebih menentukan kesuksesan anak anda di masa depan ketimbang kemampuan berhitung dan main computer.
Simulasi rasional hal-hal baru yang menantang penuh makna lebih cepat ketimbang hal-hal yang lazim dan biasa ,jika setiap hari anda memperkenalkan teknik-teknik baru dalam berhitung,tugas-tugas yang menantang penuh makna(misalnya membuat percobaan fisika yang berkenanaan dengan hal sehari-hari otaknnya akan lebih cepat berkembang.
Aktivitas fisik.aktivitas fisik memengaruhi otak dengan dua cara:1)meningkatkan sirkulasi darah otak artinya ,oksigen,gula,dan gizi juga bertambah2)mempegaruhi produksi hormone dopamine.zat ini berfungsi penting dalam dalam menata perasaan(mood)anak anda semakin sering dan terampil ia akan melakukan kegiatan fisik semakin abik perkembangan otaknya.
Lima hal ini di atas tidak berdiri sendiri .semuanya dsaling melengkapi dan saling memengaruhi.anda tidak boleh mengedepankan saling memengaruhi.anda tidak boleh megedepankan dan memprioritaskan suatu di antar yang lain.jika anda harus memilih yang utama ,saya sarankan untuk melatih emosi anak anda lebih dalu.kematangan emosi memerlukan waktu tertentu untuk berkembang.sedangkan ,kecerdasan rasional dapat anda tingkatkan kapan saja.

Sumber: jansen H.sinamo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar