Minggu, 23 Mei 2010

Rasa malu

Sungguh beruntung orang-orang yang memiliki rasa malu. Islam telah memberikan tempat yang mulia bagi perasaan malu.
perasaan malu untuk berbuat kemaksiatan, perasaan malu terhadap Allah, dan perasaan malu kalau tidak berbuat kebaikan. Nah, itulah rasa malu yang sebenarnya.
Karena sesungguhnya rasa malu itu punya tempat, dan rasa malu yang baik itu pasti kan membawa kebaikan bagi pemiliknya.
Jadi, jangan pernah malu jika mau berkembang, belajar, ataupun bertanya, meskipun untuk hal-hal yang terdengar sepertinya “tabu” jika harus diungkapkan di forum umum.
milikilah rasa malu, karena rasa malu itu memiliki keutamaan yang tinggi dalam Islam, sehingga akhirnya rasa malu itu bisa menghalangi kita dari berbuat dosa maupun kemaksiatan. Namun, tempatkan rasa malu itu pada koridornya yang benar, untuk beberapa hal, menjadi seorang yang pemalu itu tidak tepat, contohnya ketika ingin menuntut ilmu, ataupun ketika kita akan berbuat kebaikan, karena sesungguhnya rasa malu itu membawa kebaikan.
Memenangkan perang dengan rasa malu memang perlu latihan dan usaha, tetapi apa yang Anda hasilkan pasti sepadan dengan usaha yang Anda lakukan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri. Terbangun dengan perasaan yang baik tentang diri sendiri, mampu menghadapi dunia dengan keyakinan dan keamanan. Dan, keyakinan tumbuh bahwa Anda akan meraih tujuan lebih cepat dan lebih mudah, sebab satu penghalang besar sudah disingkirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar